Cara Pintar Membangun Bisnis MLM Melalui Teknik Internet Marketing

Untuk mereka yang sudah menggeluti dan lama terjun di bisnis MLM, pasti akan merasakan bagaimana sulitnya mengembangkan bidang usaha tersebut. Apalagi bagi yang baru saja ikut atau bergabung. Tentu kesulitannya akan terasa lebih besar. Mengembangkan bisnis MLM itu memang tidak semudah yang dibayangkan oleh sebagian besar orang.

Meski demikian, di balik itu semua saat ini sudah ada suatu metode terbaru yang sangat tepat dipilih sebagai sarana untuk memajukan bisnis MLM yaitu melalui teknik internet marketing. Teknik internet marketing harus dijadikan yang utama karena sistem ini memiliki kehandalan lebih tinggi untuk melancarkan bisnis MLM, dibanding model konvensional.

Alasan Memilih Teknik Internet Marketing

Sistem pemasaran secara konvensional pada bisnis MLM memang tetap bisa berjalan dengan baik pada masa sekarang. Namun dengan adanya kemajuan teknologi, pebisnis MLM dituntut untuk melakukan penyesuaian diri atau adaptasi.

Mengapa banyak sekali perusahaan besar yang berubah arah ke bisnis online melalui jaringan internet? Alasannya adalah karena para pemilik atau pengelolanya sangat menyadari bahwa bisnis online telah menjadi sebuah kewajiban jika ingin maju dan berkembang.

Demikian pula untuk para pegiat dan pelaku MLM atau Multi Level Marketing, harus mampu pula beradaptasi dengan perubahan yang saat ini sudah terjadi. Lebih dari itu, dengan adanya teknologi internet makin banyak pebisnis MLM yang berhasil meraih kesuksesan. Alasannya yaitu karena memiliki jangkauan pasar yang sangat luas bahkan bisa mencapai luar negeri.

Memanfaatkan Teknik Internet Marketing Untuk Memajukan Bisnis MLM

Internet marketing adalah sebuah kegiatan promosi, pemasaran serta penjualan suatu produk yang dijalankan dalam jaringan internet. Segala macam usaha dan bisnis dapat dikembangkan melalui kegiatan internet marketing, termasuk bisnis MLM atau Multi Level Marketing. Tapi jika dipakai untuk bisnis MLM, terdapat beberapa strategi khusus yang perlu diterapkan.

A. Prospek Calon Anggota Baru Atau Downline

Mencari anggota baru atau downline merupakan salah satu tugas utama yang perlu dijalankan oleh pebisnis MLM jika ingin sukses. Tetapi sayangnya banyak sekali yang tidak mempunyai keahlian untuk melakukan kewajiban yang dinamakan sebagai prospek tersebut. Terlebih lagi untuk mereka yang tidak punya rasa percaya diri tinggi saat berhadapan dengan orang lain.

1. Melalui Media Sosial

Masalah semacam ini dapat diselesaikan dan diatasi dengan mudah jika bersedia menerapkan teknik internet marketing terutama melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Sehubungan dengan hal ini, terdapat dua sistem yang dapat diterapkan yaitu sistem aktif dan sistem pasif.

Dalam sistem aktif, bisa diawali dengan membuat daftar atau list yang jadi teman pada media sosial. Bangunlah komunikasi secara baik melalui like atau suka, komentar dan sebagainya. Setelah itu ketika ada teman di media sosial yang sedang punya masalah, bantu mereka meski hanya berbentuk saran saja.

Terlebih lagi jika masalah tersebut memiliki hubungan erat dengan produk MLM yang akan dijual. Misalnya bagi pegiat bisnis MLM dengan produk kesehatan dan kecantikan, harus bisa aktif memberi saran menggunakan produk tersebut pada teman yang sedang tidak sehat atau punya jerawat di wajahnya.

Sedangkan maksud dari sistem pasif adalah melakukan postingan terkait dengan manfaat atau kelebihan produk MLM yang sedang ditawarkan. Untuk pebisnis MLM kesehatan, sebaiknya menulis review produknya setelah mencoba sendiri. Perlu diingat, baik menggunakan sistem aktif maupun pasif, keduanya hanya bertujuan berbagi pengalaman saja, bukan promosi.

Barulah setelah mendapat tanggapan positif dari teman-teman di media sosial, ditindak lanjuti dengan komunikasi secara lebih intensif dan personal. Dari sinilah kemudian produk-produk MLM dapat dipromosikan atau ditawarkan pada mereka. Kemudian setelah mereka berminat, bisa diajak bergabung untuk jadi anggota atau downline baru.

2. Melalui Email

Dibanding media sosial, pemakaian email untuk mempromosikan bisnis MLM melalui teknik internet marketing memang lebih ribet dan butuh biaya. Tetapi hasilnya sudah pasti jauh lebih maksimal dan memuaskan.

Pertama yang perlu dilakukan adalah membuat website bisnis yang dilengkapi dengan fitur langganan atau subscribe. Dari sinilah bisa didapat alamat email yang memiliki kemungkinan tinggi untuk jadi pelanggan produk MLM bahkan menjadi anggota baru atau downline. Email semacam ini dinamakan sebagai leads.

Melalui leads tersebut, pebisnis MLM dapat menawarkan atau mempromosikan produk dan penawaran untuk bergabung secara lebih lengkap. Misalnya keunggulan dari MLM tersebut beserta kelebihan produk-produknya hingga program-program lainnya.

B. Presentasi Peluang Bisnis MLM

Selain prospek melalui media sosial dan email, strategi lain yang perlu dilakukan pada sistem internet merketing untuk menjalankan bisnis MLM adalah presentasi. Sebagaimana kegiatan prospek, presentasi juga sering memunculkan masalah untuk orang-orang yang kurang pandai bicara di depan banyak orang.

Tetapi melalui teknik internet marketing, presentasi bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu bicara panjang lebih dalam suatu ruangan di hadapan banyak orang. Selain itu teknik ini juga terdiri dari beberapa macam bentuk dan sangat bagus jika diterapkan semuanya.

1. Content Marketing

Content marketing adalah sebuah konten yang dibuat secara khusus untuk mempromosikan produk, termasuk produk MLM secara online. Bentuknya ada bermacam-macam seperti foto, tulisan, video, audio dan sebagainya. Meski menggunakan foto dan video, tapi hasilnya akan jadi lebih sempurna jika dilengkapi dengan tulisan atau artikel.

Content marketing ini bisa dipublikasikan melalui berbagai media online seperti media sosial, blog atau website bisnis, Instagram, Youtube, dan sebagainya. Melalui metode ini pelaku MLM dapat menerangkan berbagai macam kelebihan produk atau sistem bisnis yang dijalaninya.

2. Webinar

Secara garis besar webinar bisa diartikan sebagai suatu kegiatan seminar atau presentasi, akan tetapi dilakukan secara online dan menjadi salah satu bagian terpenting dari kegiatan internet marketing. Melalui webinar, pebisnis MLM dapat melakukan siaran langsung maupun siaran tunda untuk menerangkan segala hal yang berhubungan dengan bisnis MLM tersebut.

Agar bisa ditonton oleh banyak orang, sebelum mengadakan webinar sebaiknya berpromosi dulu ke beberapa media online seperti Facebook, email, Twitter, Instagram, dan lainnya. Selain untuk promosi produk atau ajakan untuk menjadi anggota MLM, kegiatan semacam ini juga memiliki manfaat tinggi dalam rangka mempromosikan diri sendiri atau self branding.

C. Tindak Lanjut Atau Follow Up

Langkah paling akhir dalam teknik internet marketing untuk membangun bisnis MLM adalah tindak lanjut atau follow up. Biasanya kegiatan ini juga dilakukan melalui dua sarana berupa media sosial dan email.

Khusus media sosial terutama Facebook, ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan kinerja dari internet marketing. Salah satunya adalah membuat Facebook group. Untuk kegiatan bisnis MLM, Facebook group ini sebaiknya dibuat dalam 2 macam bentuk yaitu group niche dan group team.

Anggota dari group niche adalah orang-orang yang punya daya tarik tinggi terhadap produk MLM yang ditawarkan. Setiap anggota yang masuk dalam kelompok ini harus selalu dikasih saran dan dorongan untuk menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut.

Sedangkan group team, anggotanya terdiri dari mereka yang sudah tergabung dalam jaringan MLM atau telah resmi menjadi downline. Tujuan paling utama pembentukan grup ini adalah untuk saling mendukung antar downline. Selain itu juga menjadi media penyebaran informasi terbaru terkait dengan kegiatan MLM yang dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *